Yuk Kenali 10 Pasar Tradisional di Bekasi



Jika mendengar kata pasar tradisional, yang muncul di benak kalian pastilah kondisi pasar yang tidak terjaga kebersihannya, jalanan yang becek dan suasananya yang bising. Namun, bila kalian ingin mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, maka pasar tradisional-lah tempatnya.

Banyaknya pilihan jenis kebutuhan pangan menjadi daya tarik tersendiri dari pasar tradisional. Disamping itu, sistem tawar menawar juga menjadi ciri khasnya. Dan berikut adalah 10 pasar tradisional di yang ada Bekasi.

1. Pasar Kranji

Di kota Bekasi, ada Pasar Kranji yang selalu ramai dikunjungi warga baik di pagi hari, siang, malam bahkan dini hari. Disini semua kebutuhan pangan tersedia mulai dari sayuran, beras, buah, daging, telur, jajanan dan sebagainya. Pilihan yang komplit menjadikan pasar ini menjadi pilihan utama, kususnya bagi masyarakat kecamatan Bekasi barat.

Lokasi Pasar Kranji lumayan luas. Pasar ini termasuk pasar induk terbesar kedua di kota Bekasi. Para pedagang di pasar ini juga bersaing secara sehat. Pasar Kranji beralamat di Jalan Bungur Raya Blok B II No.1, Jakasampurna, Bekasi Barat, Jawa Barat 17145.

2. Pasar Kranggan

Untuk mengunjungi Pasar Kranggan, kalian harus melewati perempatan Plaza Cibubur kurang lebih selama 10 menit. Pasar ini juga menyediakan area parkir yang cukup luas. Di lantai dasar, berjejer para pedagang sayuran, buah, daging dan bumbu dapur, toko emas dan toko mainan.

Segala jenis sayuran tersedia mulai dari bayam, tauge, kentang, kangkung, kacang, asem-Asem, terong, buncis, bawang merah dan bawang putih, cabe, telur asin dan lain. Selain sayur mayur segar, juga ada cumi, udang dan ikan asin. Pasar ini lumayan bersih dan nyaman dibanding pasar lainnya.

Di lantai dua, ada bermacam- macam kios baju dan alat masak. Jika lapar, di seberang pasar tersedia penjual bakso yang lumayan rame. Pasar Kranggan beralamat di Jalan Pasar Kranggan, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17433. Jam buka pukul 05.00-18.00.



3. Pasar Induk Cibitung

Pasar induk Cibitung adalah pasar terbesar di Kabupaten Bekasi. Berbagai kebutuhan sandang pangan tersedia mulai dari penjual impor maupun ekspor dan banyak penjual dari berbagai daerah menjual hasil panennya di Pasar Induk Cibitung mulai dari pedagang buah, sayur, ikan hingga sembako.

Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan mahal. Pasar induk ini seluas 2 blok, blok A dan B. Blok A terdiri dari blok A1-A5 yang berisi buah dan sayuran. Tidak hanya warga Cibitung saja yang berbelanja disini, namun juga dari Karawang, Jakarta timur, Babelan, Cikarang, Setu. Pasar ini tidak pernah tutup karena merupakan pasar induk. Alamat Pasar Induk Cibitung di Jalan Teuku Umar, Wanasari, Cibitung, Bekasi.



4. Pasar Cakung

Pasar Cakung letaknya strategis, persisnya dekat dengan Lampu merah Pasar Cakung, Jalan  raya Bekasi- Jakarta, Cakung Barat. Kios-kios di pasar ini lumayan banyak sehingga pembeli bisa membandingkan harga barang-barang di beberapa kios. Stok sayuran dari pasar ini berasal dari pasar induk Cibitung atau pasar induk Kramat jati.

Masyarakat sekitar tetap memilih pasar ini menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, karena pasar ini adalah satu- satunya pasar di Cakung dan memenuhi kebutuhan semua lapisan masyarakat.
Akses ke pasar ini juga mudah, cukup menaiki angkutan umum nomor 45 dan 22. Tepat di seberang pasar ini terdapat stasiun Cakung.

5. Pasar Rakyat Kota

Pada Pasar Rakyat Kota transaksi antara pembeli dan pedagang terjadi saat toko dan kios di sekitar sudah tutup. Posisi pasar ini sejajar di tepi rel kereta api dan berada di depan pintu keluar Terminal Bus Antarkota dan Lokal kota Bekasi.
Suasana berbelanja selalu dilakukan di malam hari dan selalu ramai, terlebih lagi jika ada kereta api yang melintas.

Barang yang dijual adalah sayur mayur, buah, ikan, ayam dan bumbu-bumbu minus pakaian dan elektronik. Barang yang diperdagangkan datang dari berbagai penjuru daerah di Jawa Barat, Lampung dan Sumatera. PasarRakyat Kota beralamat di Jalan Moh Yamin, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi. Jam buka : 17:00- 05:00.

6. Pasar Tegal Danas

Di dalam Pasar Tegal Danas terdapat pasar tradisional yang menjual alat-alat kebutuhan pokok, sandang dan pangan seperti sembako, ikan, ayam potong, buah, alat dapur, alat kamar mandi dan lain sebagainya. Di dalam pasar ini juga ada tempat pemancingan yang disewakan untuk tempat memancing.

Untuk memuaskan rasa lapar dan haus para pemancing, disini juga tersedia Saung Pateda, yakni warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tempat parkir di pasar ini cukup luas. Pasar ini juga menyediakan fasilitas panjat tebing yang tepatnya berada di depan kantor pengelola pasar Tegal Danas. Jadwal latihannya setiap hari Minggu jam 08:00 sampai selesai.
Pasar Tegal Danas terletak di Jalan Raya Tegal Danas, Desa Hegar Mukti, kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Jam buka : 04.00-01.00.



7. Pasar Baru Jati Asih

Pasar Baru Jati Asih berada tak jauh dari kantor pos. Barang yang dijual di pasar ini lengkap dan murah, jika kalian kesulitan mendapatkan tempat parkir di pasar ini, kalian bisa memarkir kendaraan di lahan kantor pos.

Kabarnya, pasar in juga menjadi pemenang K3(kebersihan, ketertiban dan keindahan) pasar se-Bekasi. Terdapat sebanyak 200 pedagang kaki lima di pasar ini. Pasar Baru Jati Asih terletak di Jalan Pekayon Raya, Pekayon, Bekasi Selatan, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17148.

8. Pasar Bantar Gebang 

Harga barang-barang pokok yang dijual Pasar Bantar Gebang lebih murah dibanding pasar- pasar lainnya. Pasar ini juga dekat dengan puskesmas, masjid, bank BRI dan mandiri.

Selain kebutuhan pokok, pasar ini juga menjual alat elektronika dan aneka jajanan seperti rujak dan aneka kue. Pasar Bantar Gebang terletak di Jalan Raya Narogong Blok E6, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat 17151. Jam buka: 08.00-14.00.



9. Pasar Tambun

Pasar Tambun salah satu pasar terbesar di daerah Tambun. Pasar ini telah berdiri di sejak zaman kolonial Belanda. Pasar ini tidak pernah tutup karena merupakan pasar kebutuhan pokok bagi penduduk sekitar. Disini para pembeli bisa mendapatkan segala kebutuhan pokok.

Walau keberadaan pasar tradisional sedikit tersaingi oleh pusat perbelanjaan, namun pasar Tambun tetap mendapat tempat di hati para warga daerah Tambun. Pasar Tambun terletak di Jalan Garuda, Mekarsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510.



10. Pasar Pondok Gede

Pasar Pondok Gede berada di pusaran yang menghubungkan beberapa jalan dari Bekasi dan Jakarta. Di pasar tradisional ini juga berdampingan dengan pondok gede mall dan atrium pondok gede. Segala kebutuhan pokok bisa dibeli di sini mulai dari pakaian, sembako, sayuran, ikan, daging hingga bahan tekstil.

Pada bagian depan pinggir pasar terdapat penjual buah, sayuran, rumah tangga, dan lain- lain. Harganya pun murah dan bersaing. Pasar Pondok Gede terletak di Jalan Jati Makmur No.15, Jatiwaringin, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411, Indonesia. Jam buka: 08.00-21.00.

Demikian 10 pasar tradisional yang ada di Bekasi. Semoga semakin banyak orang yang tidak ragu-ragu lagi untuk belanja di pasar tradisional, karena di pasar tradisional kita bisa menemukan lebih banyak barang murah dan berkualitas. Tidak usah takut rugi atau dibohongi ketika berbelanja ke pasar asalkan kita teliti dalam memilah. Ayo, ramaikan pasar tradisional di Kota Bekasi ini!


Dari berbagai sumber

Komentar