Ini Dia Makanan Oleh-oleh Khas Bekasi yang Harus Kamu Coba


Taukah kamu, Bekasi merupakan daerah penyanggah Ibukota yang penuh dengan pesona dan tempat paling berkembang di Jabodetabek. Bekasi memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, tempat orang-orang nyari uang. Namun pernahkan kalian bertanya apa sih makanan oleh-oleh dari Bekasi?

Tentunya kita sering dong ditanya oleh sodara, temen, rekan bisnis dan lain-lain terlebih yang dari daerah luar Bekasi. “Makanan oleh-oleh khas Bekasi apa saja ya?” Nah buat kamu tidak perlu bingung dan takut ditagih sama teman atau saudara saat ke Bekasi. Mari simak daftar makanan oleh-oleh khas Bekasi yang bisa kamu cicipi.



1. Kue Akar Kelapa

Akar Kelapa merupakan kue legendaris dari dapur betawi Bekasi, memiliki rasa yang gurih dan crispy serta bentuk yang unik mirip dengan bentuk akar pohon kelapa. Ada juga sebagian masyarakat Bekasi menyebutnya kue procot karena ketika saat di goreng, adonan di procot-kan atau di keluarkan secara perlahan menggunakan tabung yang sudah di lubangin di bagian ujung.



2. Kue Kembang Goyang

Kembang Goyang merupakan kue yang layak hadir di tengah kegembiraan bersama keluarga dan teman-teman. Dengan rasa yang renyah dan bentuk yang cantik seperti kembang / bunga sehingga membuat siapapun yang merasakan pasti menyukainya. Pembuatannya yang harus di goyang-goyang saat di goreng yang membuatnya di sebut Kembang Goyang.



3. Kue Biji Ketapang

Pernah lihat pohon ketapang? Pohon rindang berdaun lebar dan tinggi ini banyak terdapat di tepi jalan-jalan besar tanah Betawi Bekasi tempo dulu. Pohon ini mempunyai buah yang kulitnya keras dengan ujung yang runcing isinya putih berwarna putih seperti almond. Kue legendaris dari dapur betawi Bekasi ini bentuknya kecil pipih mirip Biji ketapang. Rasanya gurih, renyah dan manis dengan suara kriuk-kriuk saat dikunyah. Percayalah sekali makan dijamin tidak mau berhenti!



4. Kue Telor Gabus

Telor gabus keju merupakan kue legendaris dari dapur betawi Bekasi yang sangat disukai banyak orang dengan rasa yang sudah di inovasikan dengan bentuk kembung panjang dengan rasanya nan gurih dan asin keju yang lezat saat digigit.



5. Dodol Betawi Khas Bekasi

Dodol Betawi merupakan kue yang proses pembuatannya terbilang sangat rumit. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, manis dan legit, ditambah dengan kekenyalannya yang membuat lidah kita ketagihan. Masyarakat Betawi Bekasi biasanya disajikan sebagai kue khusus untuk pesta, bulan Ramadhan, Idul Fitri atau Idul Adha dan Sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga anda.



6. Bir Pletok Khas Betawi Bekasi

Bir pletok adalah minuman khas Betawi Bekasi yang dibuat dari campuran rempah-rempah yang berkhasiat mencegah masuk Angin, asam urat, pegal-pegal dan menghangatkan badan. Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alcohol kok.Dahulu kala, ketika masa penjajahan Belanda, orang betawi tidak mau kalah dengan penjajah yang suka meminum Beer. Karena itu, orang Betawi menciptakan minum sendiri yang fungsinya hampir sama, sama-sama minum, sama-sama keringetan, tapi orang Belanda pada mabuk, sedangkan kita sehat.

Namanya pun beda. Kalau orang Belanda beer, sedangkan kita Bir. Asal kata dari Bahasa Arab bi’run atau abyar yang berarti sumber mata air. Orang Betawi membuat minuman ini di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak “pletok” dan dari situlah diangkat menjadi “Bir Pletok”.

Komentar