Resep Gabus Pucung Jawara Kuliner Bekasi, Yuk Dicoba!




Sayur gabus pucung memang makanan khas Betawi Bekasi yang lezat dan sangat unik. Gabus pucung, kuliner istimewa asli Kota Bekasi ini bahkan ditetapkan termasuk dalam salah satu dari delapan warisan budaya tak benda pada tahun 2014.


Bahan dasar dari sajian ini adalah ikan Gabus yang digoreng terlebih dahulu, lalu direbus dengan kuah hitam kental yang berbahan dasar Pucung atau Kluwek. Mirip seperti rawon, tapi tidak menggunakan toge pendek.



Berikut adalah bahan bahan membuat sayur gabus pucung.

Bahan- Bahannya:
– 2 ekor ikan gabus
– 10 butir bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 5 buah kemiri, sangrai
– 1 sdt ketumbar

– 2 cm kunyit, sangrai
– 4 buah kluwak, ambil daging buah, rendam air hangat hingga lunak lalu tiriskan
– daun bawang iris serong
– daun salam
– daun jeruk purut
– serai
– minyak untuk menumis
– 7 buah rawit merah, belah dua menyoreng.
– Garam secukupnya
– 750 ml air
– Jeruk limau
– 1 sdt gula

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu ikan gabus, kemudian dipotong-potong. Langkah selanjutnya, baluri ikan gabus dengan perasan air jeruk nipis dan bawang putih halus. Biarkan ikan selama kurang lebih 20 menit, lalu tiriskan.

Panaskan minyak lalu menggoreng ikan. Goreng ikan menggunakan api sedang hingga matang. Lalu angkat, tiriskan dan sisihkan.

Langkah selanjutnya, panaskan 3 sendok makan minyak goreng bekas penggorengan ikan gabus tadi, lalu tumis bumbu-bumbu halus bersama daun jeruk purut, daun salam dan serai hingga beraroma harum lalu tambahkan tomat. Aduk terus sampai layu.

Tuangkan air, masukkan garam dan gula pasir, tunggu sampai mendidih.

Setelah mendidih masukkan ikan gabus goreng bersama daun bawang, kemudian aduk rata dan didihkan sekali lagi agar bumbu-bumbu meresap. Angkat dan taburkan bawang merah goreng. Dan gabus pucung pun siap disajikan.

Bagi warga kota Bekasi ataupun pendatang yang tak tinggal di Bekasi, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bekask tapi tidak mencicipi makanan tradisional khas Bekasi. Cobalah kuliner Sayur Gabus Pucung yang khas ini.


Sumber: Bekasimedia

Komentar